Sabtu, 16 Juli 2016

Rutin Ganti Oli

Ganti oli adalah 'ritual rutin' yang harus dilakukan oleh setiap pemilik kendaraan bermotor, apapun mesinnya. Karena oli adalah elemen vital yang diperlukan untuk melumasi mesin demi pencegahan gesekan antar komponen mesin. Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya mempunyai artikel yang berkenaan dengan oli mesin sebelumnya. Lihat pada tautan ini: http://rentalmobil-surabaya.weebly.com/blog/oli-sintetis-untuk-mesin.

Proses penggantian oli dimulai dari mengosongkan oli lama dari mesin. sumber: commons.wikimedia.org/Myke Waddy


Banyak orang bertanya-tanya kapan seharusnya kita ganti oli. Meskipun ada acuan untuk mengganti oli per-sekian kilometer, termasuk dalam buku manual kendaraan bermotor. Tapi apakah memang sesederhana itu?
Mungkin tidak. Pada banyak kasus, Sewa Mobil Avanza di Surabaya mendapati fakta penggunaan bahan bakar bisa lebih irit dibandingkan biasanya dan kita bisa menyimpulkan dari banyak sumber bahwa bahan bakar mobil akan lebih irit penggunaannya per kilometer saat melakukan perjalanan keluar kota. Rental Mobil Innova di Surabaya pun paham mengenai hal ini berdasarkan dari pengalaman yang panjang.

Saat digunakan di dalam kota, biasanya kita menjumpai lampu lalin di persimpangan yang mewajibkan berhenti atau sebaliknya bila kita tiba di sana. Lampu lalin ini meski bertujuan baik sebagai pengatur giliran dari setiap ruas pada persimpangan tadi tapi jumlahnya bisa banyak yang dibangun di tiap persimpangan tengah kota. Sewa Mobil Honda Mobilio di Surabaya mendapati fakta lapangan di Kota Surabaya, bahwa ada sekitar delapan buah lokasi lampu lalin di tiap persimpangan jika kita melintas di kawasan Jalan Diponegoro yang dihitung mulai dari titik pertemuan Raya Darmo hingga ke persimpangan Pasar Kembang/Banyuurip/Girilaya. Beberapa lokasi dari lampu lalin persimpangan tersebut berjarak kurang dari 500 meter antar-lampu lalin.

Bila kita beruntung, kita bisa melaju saat kita melewati tiga-empat lampu lalin karena indikator lampu menunjukkan hijau saat kita tiba. Jika tidak ya... sebaliknya ^_^ Apalagi di titik Ciliwung-Diponegoro saat macet sewaktu jam pulang kerja kantor dimana lampu lalin pun tidak bisa bermanfaat lagi karena kemacetan yang parah tersebut. Sedangkan efek dominonya dimulai dari jalan Wonokromo-Jagir-Ahmad Yani.

Gambaran ini tentunya bukan bermaksud menyimpang dari topik, tapi lebih mengungkap gambaran keseluruhan karena pada saat mobil kita mengalami kemacetan jalan, mesin mobil masih bekerja ekstra keras. Apalagi selain radiator tak ada pendingin lain berupa udara yang mengalir jika dibandingkan saat mobil tersebut berjalan. Jadi kondisi mesin akan ekstra panas yang mengakibatkan oli di dalamnya ini berkurang masa pakainya.

Menuangkan oli baru ke dalam mesin. sumber: commons.wikimedia.org/Dvortygirl

Jika jarak yang kita tempuh melewati rekomendasi pergantian oli 10.000 km seperti yang tertera pada odometer, yakinlah bahwa hal tersebut sudah sangat-sangat kritis untuk kesehatan mesin. Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya pun beberapa kali bertemu dengan artikel yang mengkritisi tenggat waktu penggantian oli berdasarkan kilometer ini. Pasalnya, saat kendaraan kita terhenti karena macet selama setengah jam, angka pada odometer tersebut tak bertambah tapi mesin mobil kita berjalan terus. Selama mesin tersebut berjalan, selama itu pula oli mesin akan bekerja melumasi mesin. Akhirnya kita mesti mengira-ngira sendiri kapan oli mesin tersebut harus diganti supaya tidak menjadi terlambat seperti yang terlihat pada referensi berita berikut ini:
http://www.otosia.com/berita/inilah-akibatnya-jika-anda-lupa-mengganti-oli-mesin.html. Dan jika Anda terpaksa harus mengganti oli sendiri, Rental Mobil Pregio di Surabaya menemukan satu referensi berita yang bisa Anda praktikkan untuk mobil Anda: http://www.otosia.com/tips/cara-mudah-ganti-oli-sendiri.html. Untuk Motor mungkin lebih mudah karena mesin serta tutupnya lebih terlihat dan terjangkau, tidak seperti umumnya mobil. 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar