Selasa, 08 September 2015

Suara Mobil Yang (Seharusnya) Menjadi Kewajiban

Sebagai perangkat yang memiliki komponen mekanis (gerak), sebuah mobil cenderung mempunyai suara. Tapi tak sekencang mesin cuci atau pesawat terbang yang punya baling-baling besar. Suara ini timbul karena gesekan atau bergetarnya udara pada mesin tersebut. Sebagai contoh, mesin mobil setenang apapun dalam RPM tertentu dapat juga bergetar dan menjadikannya terdengar kasar. Tentang polusi suara ini, mungkin beberapa patah kalimat pada blog ini bisa dijadikan acuan: https://rentalmobilmurahsurabayaa.wordpress.com/2014/09/20/pencemaran-dan-polusi-mobil-di-jalan-ii/ tapi rasanya Sewa Rental Mobil di Surabaya perlu mengulasnya dari sudut yang lain karena adanya beberapa situs berita yang mengetengahkan topik seputar suara mesin mobil yang cukup menarik.

Mesin mobil. image: Nrbelex/Brett/commons.wikimedia.org

Suara mesin yang menderu identik dengan mobil sport berkecepatan tinggi. Jika kita menonton aksi balap F1, bisa jadi seperti itu. Meski begitu pabrikan mahal cenderung untuk mereduksi suara mesin mobil tersebut menjadi lebih pelan supaya lolos standar minimal polutan, apalagi yang dilepas untuk umum (jalan raya). Bahkan untuk kebanyakan mobil yang beredar di Indonesia, standar ambang batas pun telah diatur lewat Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup. Saat ini, bahkan moge keluaran terbaru diberi batas minimal 83 desibel. Entah juga soal penanganan sanksinya. Tapi, melihat acara berbasis kegiatan keseharian polisi di televisi agaknya cukup melegakan. Karena ternyata penegakan hukum di Indonesia cukup berjalan kan? ^_^

Untuk kebanyakan mobil, polusi suara yang dihasilkan dari mesinnya memang masih lebih rendah dibandingkan polusi suara yang ditimbulkan oleh gergaji mesin pemotong pohon-pohon di hutan (kira-kira 100 desibel). Tapi terkadang, gergaji mesin tersebut juga dibawa ke kota untuk menebang ranting atau pohon-pohon yang beresiko roboh bila ada angin kencang; seperti yang terjadi di beberapa sudut Kota Surabaya. Tak hanya suara gergaji mesin saja. Berkaitan dengan polusi yang ditimbulkan, Rental Sewa Mobil Surabaya menemukan satu artikel menarik tentang perlindungan warga dari polusi ini: http://otomotif.liputan6.com/read/2279998/dianggap-berisik-supercar-dilarang-berkeliaran-di-kota-ini.
Beberapa Kota di dunia sekarang maju dan berkembang ke arah 'smart city'. Langkah-langkah ke sana ditempuh oleh pemerintah kotanya terutama meningkatkan kenyamanan warganya. Beberapa aturan tersebut contohnya pelarangan penggunaan gelombang WIFI yang menimbulkan berbagai reaksi kesehatan bagi seseorang yang peka.

Berlawanan dengan hal polusi suara tersebut, Sewa Mobil di Surabaya juga menemukan artikel berita dimana suara mobil dibutuhkan: http://otomotif.kompas.com/read/2014/04/06/1720000/Setiap.Mobil.Listrik.Wajib.Punya.Suara.Mesin

Karena suara merupakan hal yang merupakan petunjuk bagi mereka yang berkebutuhan khusus, maka adanya suara tersebut juga membantu mereka yang tuna netra untuk "melihat" apa yang terjadi di sekeliling mereka. Namun hal ini menjadi masalah bila suara tersebut senyap saja terdengar. Mengapa demikian? Karena suara yang dihasilkan oleh mesin listrik tersebut bisa sangat pelan terdengar meski berkecepatan tinggi. Ambillah contoh seperti Fan (kipas angin) yang punya suara minimal. Di luar ruangan, suara tersebut bisa terdengar tersamar bila dibandingkan dengan gemerisik daun oleh angin, atau suara beberapa orang yang tengah berbincang. Hal ini kontras dengan mesin mekanis dengan BBM saat ini yang suaranya bisa sangat halus saat melaju karena berperedam.

Jika mesin mekanis yang penuh dengan kegaduhan piston dan perputaran sumbu tersebut bisa halus dan senyap suaranya, maka tentunya mesin dengan sumber tenaga listrik bisa lebih senyap lagi. Dan ini dirasa berbahaya bagi mereka yang tuna netra tersebut, meski indera pendengaran mereka biasanya lebih terasah dan lebih peka mengamati sekeliling. Untuk saat ini, Rental Mobil Surabaya memilih menggunakan mobil mekanis ber-BBM (bukan listrik) yang suku cadangnya lebih terjamin di pasaran guna memenuhi kebutuhan umum akan kecepatan dan kemudahan. Akan repot bila Sewa Mobil Murah di Surabaya sedang mengantar penumpang dan tiba-tiba mobil tersebut membutuhkan suku cadang yang langka, apalagi di kota kecil. Siapa sih yang bisa menerka kejadian tak terduga?

Beberapa negara melakukan aturan yang efektif guna melindungi para warga yang mempunyai problema fisik (disabilitas), antara lain jalur khusus bahkan kendaraan khusus atau perangkat lain yang mendukung peringatan bagi pengemudi lain terhadap pengemudi dengan disabilitas tersebut. Nah, karena banyaknya perlindungan tersebutlah yang membuat konsorsium beberapa negara mengeluarkan aturan tentang suara mesin mobil ini. Supaya bila ada mobil yang mendekat tidak terlambat disadari oleh para penyandang disabilitas tersebut. Dengan begitu, para difabel pun merasa dihargai keberadaannya karena banyak di antara mereka juga mampu menyumbang sumbangsih yang tidak sedikit bagi kemajuan negeri atau paling tidak, lingkungan sekitarnya. Rental Mobil di Surabaya berharap seandainya hal ini diterapkan juga di negara kita.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar