Selasa, 13 Januari 2015

Bantuan Komputer dalam rancang Otomotif

sewa mobil surabaya - Saat ini, hampir tak ada desain yang lepas dari perangkat komputer. Pada dasarnya, komputer dapat mempermudah kita untuk mem-visualisasikan apa yang ada di kepala kita. Meski pengertian "dapat mempermudah" ini bersifat relatif. Karena untuk orang yang tidak bisa komputer tetap saja sulit 'kan? di Kantor Sewa Rental Mobil Avanza di Surabaya sendiri, ada beberapa buah komputer yang hadir untuk membantu operasional. Meski masih ada pula banyak kertas berkas untuk pengarsipan, dan data cadangan bila ada sesuatu ketidakberesan terjadi pada data komputer atau data kertas. Ada sisi negatif dan positif pada komputer atau manual yang saling melengkapi yang sering membuat suatu perusahaan menggunakan keduanya.

Desain mobil manual sebelum era komputer. sumber: commons.wikimedia.org/American Motors (AMC)


Menurut berbagai keterangan yang dihimpun oleh Rental Sewa Mobil Innova Reborn di Surabaya, kehadiran komputer sudah mulai dikenalkan pada pertengahan tahun-tahun antara 1900—2000-an pada bidang rancang bangun. Maklum saja, banyak penemuan-penemuan baru di bidang elektronika yang berkembang sejalan penemuan dan pemanfaatan sumber daya listrik pada abad sebelumnya. Meski kita bisa menjumpai ada banyak hal yang terbangun dengan begitu canggihnya yang hadir tanpa bantuan komputer. Misalnya, jam saku yang rumit dan detil yang selalu dikantongi oleh orang penting zaman dulu. Bagaimana tukang jam tersebut membuatnya? apakah bisa disejajarkan dengan perancang melalui komputer?

Awal generasi komputer dilandasi oleh penemuan kartu berlubang untuk mengontrol jalannya mesin demi mengejar otomatisasi. Misalnya pada industri garmen. Dari sini, muncul pemikiran untuk menciptakan alat-alat berkartu yang lain, untuk perhitungan yang lebih kompleks. Misalnya untuk statistik populasi dan sensus jumlah penduduk. Hingga teknologi berkembang dan menggiring pembuatan komputer generasi pertama yang memakan area berhektar-hektar untuk komponennya yang berupa tabung-tabung hampa. Sampai tulisan ini ditayangkan pada website Sewa Rental Mobil Honda Mobilio di Surabaya, kemungkinannya pasti ada banyak penemuan-penemuan baru menyusul yang belum kita ketahui.

Saat ini, perangkat komputer telah distandarkan menjadi berukuran kecil yang lebih murah dan lebih padat dari segi kemampuan. Standar artinya mempunyai prosesor, memori dan penyimpan data yang besar. Serta di dalamnya terdapat sistem operasi untuk menjalankan aplikasi. Sistem operasinya sendiri berbeda dengan sistem operasi untuk komputer rumahan. Dengannya, suatu visualisasi dari bentuk produk yang kompleks dan segala detilnya bisa dibangun dan dihitung secara sistematis meskipun produk prototipe dalam bentuk fisiknya belum ada. Inilah yang dimaksud dengan mempermudah pekerjaan dan penghematan. Hampir semua mobil bikinan pabrik otomotif terkemuka dibantu oleh komputer dalam perancangannya hingga masuk tahap uji berdasarkan perhitungan yang detil. Misalnya, dalam menghitung potensi kerusakan akibat tabrakan. Rental Sewa Mobil Innova di Surabaya pun pernah menayangkan artikel yang memuat tentang penarikan besar-besaran akan tipe mobil dikarenakan mengandung komponen yang cacat dalam produksi. Ada banyak komponen dalam mobil yang perlu dites satu persatu dengan metode standar pabrik berdasarkan standar suatu negara atau multinasional seperti Uni Eropa dan lain sebagainya. Namun, hal yang luput dalam pengujian ini biasanya karena ada kejadian luar biasa dalam praktiknya di lapangan karena suatu kondisi tertentu. Atau memang karena ada hal yang terlewatkan saat tes uji.

Saat Sewa Rental Mobil Livina di Surabaya menemukan artikel berikut:
http://tips.autobild.co.id/read/2014/10/03/11734/54/15/Memahami-Suspensi-Multi-Link
dengan sendirinya ia menjelaskan bahwa ada banyak hal yang bisa dirangkai melalui komputer, termasuk suspensi tersebut. Perancangan dalam hal aerodinamika lebih menonjol lagi karena merupakan hal yang "nampak" secara sekilas; sekaligus merupakan sisi yang paling menarik untuk kebanyakan orang dalam membeli mobil. Perancangan yang berkaitan dengan hal aerodinamika ini membuat bentuk bodi mobil secara keseluruhan. Dimana didalamnya ada perhitungan faktor hambatan angin, jalan, tekanan massa (berat) dan laju mobil secara virtual. Mirip dengan perancangan pesawat terbang dengan daya angkatnya.

Teknik Rendering 3D untuk mesin. Image: stevemc9/commons.wikimedia.org

Dalam perancangan inilah suatu bentuk mobil bisa dipermanis supaya mempunyai identitas yang membedakan tipe mobil tersebut dengan mobil lain. Karena kita juga mengetahui, suatu desain otomotif yang mirip dengan desain perusahaan otomotif lain dapat menjadi sasaran boikot dan somasi dari perusahaan otomotif lain. Begitu sensitifnya masalah desain sebagai hasil pemikiran intelektual ini sehingga kita memahami adanya banyak paten untuk suatu penemuan baru. Bisa jadi, ada ciri khas tertentu berkaitan dengan teknologi seperti ini yang ditemukan dalam satu merk mobil yang tidak ditemukan dalam merk lain.

Pada link suspensi tadi, kita dapat menemukan adanya desain yang rumit pada hal yang menyokong kenyamanan penggunaan mobil secara keseluruhan. Suspensi merupakan bagian mobil yang berfungsi sebagai peredam guncangan karena struktur jalan darat yang kadang berlubang atau berbatu-batu. Desain suspensi yang rumit ini katanya "tidak akan dapat" dibuat tanpa bantuan komputer. Terlepas benar atau tidaknya klaim tersebut, kita menjumpai ternyata memang ada banyak rancangan desain melalui komputer untuk berbagai komponen mobil yang terkadang juga disuplai oleh pihak ketiga; seperti ban, multimedia player macam tape mobil atau GPS. Bahkan dari berita pernah Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya temukan, ada merk mobil tertentu yang juga menyuplai mesin untuk merk mobil yang lain.

Pada mobil dengan kelas premium yang berharga miliaran, berbagai komponen utama maupun yang sekedar pelengkap macam perangkat hiburan dan komponen kenyamanan ini seringkali adalah satu kesatuan merk, karena merupakan hasil pengembangan dari divisi perusahaan otomotif tersebut. Dan sifat perusahaan mandiri ini tentunya juga cukup menjanjikan keamanan bagi konsumennya, dengan sistemnya sendiri yang unik dan kemungkinannya hanya akan bisa direparasi oleh divisi servis atau bengkel resmi merk tersebut saja, bukan oleh bengkel umum yang banyak di pasaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar