Selasa, 05 April 2016

Produk OEM

OEM. Apakah itu?
OEM merupakan singkatan yang cukup dikenal di dunia teknologi; baik otomotif, elektronik atau komputer. OEM adalah singkatan dari Original Equipment Manufacturer (diterjemahkan menjadi Produsen Peralatan Asli). Sebenarnya ada kerancuan yang cukup membingungkan juga mengenai pengertian OEM ini. Pengertian pertama yang dirangkum Sewa Rental Mobil Murah di Surabaya dari beberapa sumber adalah sebuah produk yang dilabel ulang dan dipasarkan dengan merek berbeda. Sebagai contohnya beberapa tipe smartphone yang dibuat oleh perusahaan China lalu dibranding dengan nama provider/produk layanan dari provider. Pengertian yang kedua adalah produk berstandar yang merupakan bagian dari produk lain yang lebih besar (kumpulan/rakitan banyak komponen). Nah, renik komponen pembentuk ini yang disebut sebagai produk OEM.

contoh motor yang bukan menggunakan jok asli (OEM part) dari pabrikan produsen.
sumber: commons.wikimedia.org/CadillacJack

Untuk pengertian yang kedua ini lebih umum dijumpai. Sebagai contoh pada armada mobil di Sewa Mobil Avanza di Surabaya. Pada salah satu mobil tersebut dijumpai adanya 'sumbangan' dari berbagai merek besar dengan spesialisasi khusus, yang dipercaya mendukung sebuah merk mobil menjadi satu kekuatan yang handal. Spare-part OEM ini diproduksi oleh sebuah pabrikan dengan standar yang biasanya juga telah diregulasi oleh pihak berwenang setempat agar melindungi konsumen (pengendara) dari berbagai kemungkinan faktor pencelaka. Hal ini timbul karena untuk menekan biaya pengembangan dan riset yang besar pada masing-masing produk komponen. Misalnya, sebuah ban yang merupakan bagian roda.

Ada keluaran mobil yang sejak dari pabrikan menggunakan ban Good Year, Michelin, Bridgestone dan lain-lain. Perbedaan yang timbul dalam jenis mobil yang berbeda (tapi satu merk) kemungkinannya adalah kontrak kerjasama. Dalam operasional, Rental Mobil Innova di Surabaya selalu bermain aman dengan tidak menggunakan komponen di luar standar yang ditetapkan. Lagipula pertaruhannya akan mahal jika menyangkut konsumen atau khalayak luas, bukan sekedar keluarga sendiri. Sewa Mobil Pregio di Surabaya pun menjadi maklum jika ada pabrikan yang me-recall (menarik) produk mobil besutannya dalam rangka melindungi konsumen dan para loyalis merknya. Seperti contoh karena adanya kasus airbag yang menghebohkan.

Banyak importir melabel ulang produk China (dalam bidang apapun) dengan merk mereka sendiri.
sumber: commons.wikimedia.org/Thatonewikiguy

Bagaimana jika ada produk lain yang bisa men-subsitusi produk OEM tersebut?
Rental Mobil Honda Mobilio di Surabaya telah banyak menjelajah berbagai suku cadang serta bengkel dengan berbagai kemungkinannya. Jika standar suku cadang atau komponen yang bisa digantikan dengan merk lain yang lebih menjanjikan pun agaknya tak masalah selama konsumen sebagai bagian dari layanan rental mobil yang lebih diuntungkan. Hanya, jika kemudian diketahui bisa berdampak buruk pada armada Rental Sewa Mobil Murah di Surabaya di satu titik tertentu maka penggunaannya lebih baik dihentikan segera. Karena menjaga nama baik pun bisa susah.

Dan terkadang tak hanya sparepart yang digunakan secara langsung pada operasional mobil saja yang bisa digolongkan sebagai OEM. Produk rekomendasi dari pabrikan tersebut juga bisa dipertimbangkan. Misalnya oli pelumas, atau shampo mobil untuk pencuciannya. Karena pihak pabrikanlah yang tau detil teknis secara keseluruhan dari produknya. Termasuk cat bahkan air aki atau air radiator yang digunakan; serta bagaimana seharusnya perawatan mobil tersebut untuk mendapatkan performa terbaiknya. Yang jelas, Sewa Mobil Surabaya akan selalu berupaya untuk memberikan pelayanan terbaiknya saat pemesanan Anda tiba.